Membuat Desain Undangan Pernikahan Sendiri Pakai Corel or Photoshop ?

Membuat Desain Undangan Pernikahan Sendiri dengan Coreldraw or Photoshop ? – Assalamu’alaykum para calon pengantin di seantero Negeri. Kali ini Saya akan membahas 2 software  yang sangat populer di dunia desain grafis yaitu coreldraw dan photoshop.

Membuat Desain Undangan Pernikahan Sendiri Pakai Corel or Photoshop

 

Banyak calon pengantin yang mau mencoba mendesain sendiri undangan pernikahan mereka bingung, software apa yang harus dipelajari untuk membuat desain undangan pernikahan. Desain menggunakan coreldraw atau photoshop ?

Sebelum menjawab langsung pertanyaan tersebut, Saya akan jelaskan dulu mengenai fungsi dasar kedua software tersebut.

Penggunaan Photoshop dalam Dunia Grafis

 

Photoshop, software besutan adobe system memiliki fungsi dasar / utama untuk mengedit atau memberikan efek pada suatu foto atau gambar. Jadi jika Anda memiliki foto prewedding dan ingin diedit biar lebih tampan atau cantik, dibesar kecilkan ukurannya, diberi cahaya lebih gelap atau terang, diberi efek misal foto di lapangan tapi diedit foto di depan menara Eiffel, photoshop inilah yang dipakai. File gambar hasil photoshop disimpan dalam bentuk gambar tipe bitmap.

Penggunaan Coreldraw dalam Desain Grafis

Coreldraw, software buatan Corel ini memiliki fungsi dasar untuk membuat gambar / illustrasi, menyatukan objek bentuk vector. Jadi ketika Anda mau membuat gambar dari nol seperti misal seperti karikatur, desain logo maka coreldraw ini software yang tepat. File desain hasil pengerjaan dengan coreldraw berbentuk vector.

Kesimpulannya…

Untuk membuat desain undangan sendiri, software yang Anda butuhkan adalah coreldraw. Kecuali jika pada desain undangan pernikahan Anda akan disertakan foto prewedding. Maka untuk mengedit atau memberi efek pada foto tersebut diperlukan software photoshop.

Cuma daripada edit sendiri foto prewedding, mendingan sekalian saja Anda minta tukang foto prewedding untuk mengedit foto yang khusus akan ditaruh di undangan sesuai yang Anda mau. Tentu hasilnya akan lebih bagus, mengingat mereka memang profesional di bidang itu.

Baru kemudian foto prewedding hasil editan tersebut dimasukkan ke coreldraw untuk dimasukkan ke desain undangan Anda. Di dunia percetakan, untuk masuk mesin cetak umumnya menggunakan file vector. Kadang ada klien Saya yang ingin mencetak undangan dengan desain dari mereka sendiri, mereka menyerahkan file desain hasil photoshop. Akhirnya mau ga mau Saya harus ubah dan edit di coreldraw.

Beda file vector dengan bitmap adalah file vector ketika digedein seberapapun, gambarnya tetap, tidak akan menjadi pecah seperti file bitmap.

So…cukup Anda pelajari coreldraw jika ingin membuat desain undangan pernikahan Anda sendiri. Semoga membantu…

Tinggalkan komentar